Kunjungan Delegasi Prancis CMO EXPERT VISIT TO SMKN 3 Bandung
Pada hari jumat tanggal 9 Juni 2023, SMK Negeri 3 Bandung menjadi salah satu dari tiga SMK di Provinsi Jawa Barat yang dikunjungi oleh 3 orang ahli dari CMQ (Center for Occupations and Qualifications) bidang logistik, transportasi, dan keamaan Perrone, Perancis. Pada kegiatan kunjungan tersebut para ahli dari CMQ Perancis didampingi pula oleh perwakilan dari pihak Kemendikbudristek dan Kedutaan Perancis. SMK Negeri 3 Bandung menjadi salah satu dari tiga SMK di Provinsi Jawa Barat yang dikunjungi oleh 3 orang ahli dari CMQ (Center for Occupations and Qualifications) bidang logistik, transportasi, dan keamaan Perrone, Prancis. Dua sekolah lain yang dikunjungi adalah SMKN 11 Bandung, dan SMKN 1 Garut.  Pada kegiatan kunjungan tersebut para ahli dari CMQ Prancis didampingi pula oleh perwakilan dari pihak Kemendikbudristek dan Kedutaan Prancis. Adapun peserta kegiatan kunjungan dari pihak internal sekolah adalah para guru mapel di Program Keahlian MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis), guru mapel Konsentrasi Keahlian Manajemen Manajemen Logistik SMKN 3 Bandung dan SMKN 1 Tasikmalaya, serta para siswa dari kelas 12 Manajemen Logistik. Misi dari kunjungan para ahli bidang logistik ini adalah sebagai wujud dedikasi CMQ dalam mendukung pembangunan ekonomi dan sosial yang berdaya saing melalui fasilitasi kegiatan pengembangan dan pelatihan bagi para generasi muda dan orang dewasa dalam bekerja pada jalur pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning). Agenda kegiatan para Ahli dari CMQ Prancis di SMKN 3 Bandung ini meliputi pemaparan materi bidang logistik, kunjungan ke ruang praktik pembelajaran dan logistik milik sekolah, dan kunjungan ke mitra industri sekolah. Rincian dari pemaparan materi yang disampaikan antara lain :
  1. Pengenalan tentang perusahaan truk & transportasi “Bray Trucks Company Transports”
  2. Presentasi tentang D2 Logistic di Prancis
  3. Presentasi tentang “High School Pierre Mendes France”
  4. Presentasi tentang kurikulum
  5. Presentasi tentang pedagogik pembelajaran
  6. Presentasi tentang penilaian/asesmen siswa
Kemudian setelah selesai kegiatan presentasi/pemaparan materi yang disertai pula tanya jawab/diskusi, para tamu kunjungan dari CMQ diajak berkeliling ke Lab. Logistik milik sekolah serta ruang praktik sekolah lainnya yang digunakan dalam proses pembelajaran siswa. Pada agenda terakhir kegiatan para tamu dari CMQ Prancis, guru-guru logistik dan perwakilan siswa konsentrasi keahlian  manajemen logistik dari SMKN 3 Bandung dan SMKN 1 Tasikmalaya kemudian berkunjung ke mitra industri bidang logistik SMKN 3 Bandung yaitu PT Akur Pratama (Yogya Distribution Center) Jl. Terusan Buah Batu No. 12 Bandung. Pada kegiatan kunjungan para tamu dari CMQ diberi kesempatan melihat alur proses pergudangan yang dilaksanakan di Yogya DC dan diakhir kunjungan kemudian dilaksanakan closing meeting di ruang pertemuan Yogya DC. SMK Negeri 3 Bandung menjadi salah satu dari tiga SMK di Provinsi Jawa Barat yang dikunjungi oleh 3 orang ahli dari CMQ (Center for Occupations and Qualifications) bidang logistik, transportasi, dan keamaan Perrone, Prancis. Dua sekolah lain yang dikunjungi adalah SMKN 11 Bandung, dan SMKN 1 Garut.  Pada kegiatan kunjungan tersebut para ahli dari CMQ Prancis didampingi pula oleh perwakilan dari pihak Kemendikbudristek dan Kedutaan Prancis. Adapun peserta kegiatan kunjungan dari pihak internal sekolah adalah para guru mapel di Program Keahlian MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis), guru mapel Konsentrasi Keahlian Manajemen Manajemen Logistik SMKN 3 Bandung dan SMKN 1 Tasikmalaya, serta para siswa dari kelas 12 Manajemen Logistik.   Misi dari kunjungan para ahli bidang logistik ini adalah sebagai wujud dedikasi CMQ dalam mendukung pembangunan ekonomi dan sosial yang berdaya saing melalui fasilitasi kegiatan pengembangan dan pelatihan bagi para generasi muda dan orang dewasa dalam bekerja pada jalur pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).   Agenda kegiatan para Ahli dari CMQ Prancis di SMKN 3 Bandung ini meliputi pemaparan materi bidang logistik, kunjungan ke ruang praktik pembelajaran dan logistik milik sekolah, dan kunjungan ke mitra industri sekolah. Rincian dari pemaparan materi yang disampaikan antara lain :
  1. Pengenalan tentang perusahaan truk & transportasi “Bray Trucks Company Transports”
  2. Presentasi tentang D2 Logistic di Prancis
  3. Presentasi tentang “High School Pierre Mendes France”
  4. Presentasi tentang kurikulum
  5. Presentasi tentang pedagogik pembelajaran
  6. Presentasi tentang penilaian/asesmen siswa
  Kemudian setelah selesai kegiatan presentasi/pemaparan materi yang disertai pula tanya jawab/diskusi, para tamu kunjungan dari CMQ diajak berkeliling ke Lab. Logistik milik sekolah serta ruang praktik sekolah lainnya yang digunakan dalam proses pembelajaran siswa. Pada agenda terakhir kegiatan para tamu dari CMQ Prancis, guru-guru logistik dan perwakilan siswa konsentrasi keahlian  manajemen logistik dari SMKN 3 Bandung dan SMKN 1 Tasikmalaya kemudian berkunjung ke mitra industri bidang logistik SMKN 3 Bandung yaitu PT Akur Pratama (Yogya Distribution Center) Jl. Terusan Buah Batu No. 12 Bandung. Pada kegiatan kunjungan para tamu dari CMQ diberi kesempatan melihat alur proses pergudangan yang dilaksanakan di Yogya DC dan diakhir kunjungan kemudian dilaksanakan closing meeting di ruang pertemuan Yogya DC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *