Kegiatan Guru tamu Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Manajemen Logistik
pada tanggal30 Januari 2024, bertempat di Aula Graha Sarana Vidya telah diadakan program guru tamu untuk program keahlian manajemen perkantoran dan manajemen logistik  dengan tema "Membangun Fondasi Kesuksesan Melalui Percaya Diri Yang Kuat." yang di sampaikan oleh bapak Burhan Hidayat S.Pd Untuk membentuk kepercayaan diri dalam diri sendiri faktor yang terpenting adalah pengenalan terhadap diri sendiri. Terdapat beberapa langkah untuk membentuk kepercayaan diri. Diantaranya adalah :
  1. Jurnal Syukur
Semakin banyak rasa syukur yang tertanam, semakin besar rasa nyaman yang ada diri karena rasa syukur tersebut terbentuk karena ada kepercayaan diri terhadap Tuhan yang Maha Esa bahwasanya Tuhan mencipatakan mahluknya dengan sempurna.
  1. Mengenali kelebihan yang ada di diri sendiri
Dengan mengenal kelebihan yang ada dalam diri sendiri akan membentuk kepercayaan diri yang positif. Dengan ini juga kita akan terdorong untuk memperbanyak kemampuan untuk menambah rasa percaya diri.
  • Unsur unsur yang ada dalam Percaya diri
- Self-Esteem, sejauh mana seseorang meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermatabat, atau berbagai hal yang ada dalam dirinya. - Self-Concern, sejauh mana seseorang memiliki pedulian terhadap dirinya sendiri.  
  • Pengalaman ketidakpercayaan diri
- Merasa tdiak cantik/ganteng - saya anak orang tidak kaya - saya tidak memiliki pakaian seperti mereka - saya tidak sepandai mereka - saya merasa bukan kelompok mereka - saya tidak mungkin bisa - saya tidak bisa, tidak mampu, tidak ingin dam tidak tidak yang lain  
  • Akibat yang akan ditimbulkan jika kita tak mempunyai kepercayaan diri
- canggung berhadapan dengan orang lain, dengan ini secara tidak lamgsung akan menghambat kinerja kita dalam mengerjakan tugas/kewajiban. - Seringkali merasa pesimis - tidak memiliki tujuan yang jelas dalam hidup - lebih banyak bermalasan - sering merasa gagal - sulit bicara dan meyakinkan orang lain - sering memiliki harapan yang tidak realistis - menarik diri -¬† sensitif, memiliki perasaan/emotional yang berlebih.  
  • Faktor ketidakpercayaan diri
- Tidak mengenal diri sendiri - Banyak membandingkan diri sendiri¬† orang lain, - Enggan menambah wawasan  
  • Membangun Kepercayaan diri
- memunculkan rasa syukur kepada Tuhan - Menjaga kesehatan tubuh - Memperbanyak wawasan atau pengetahuan - Mengenal kelebihan yang ada di diri sendiri   Walaupun dengan mempunyai prestasi akan menimbulkan kepercayaan diri, namun tak kalah penting untuk melihat kelebihan orang lain dalam berbagai sisi. Kelebihan yang kita miliki bisa saja memiliki kelemahan tersendiri. Pada umumnya, kelebihan yang ada di diri kita bisa terbagi menjadi 3 macam, diantaranya adalah -Kecerdasan intelektual, kecerdasan yang meliputi kecerdasan dalam hal akademik maupun non akademik - Kecerdasan emosional, kecerdasan dalam hal penguasaan emosional, bisa mengendalikan dirinya sendiri, mengendalikan perasaan dirinya, dan mengendalikan pemilirannya. - Kecerdasaean spiritual, kecerdasan dalam hal beribadah dalam kepercayaan masing masing  
  • Tips Membangun kepercayanaan diri
- lakukan sekarang dan jangan tunda lagi - berbenahlah mulai dari hal kecil - selalu berpikir kehadiran anda memberi kebahagiaan orang lain - yakinlah bahwa segala hal yerjadi bukan kebetulan adanya - janganlah lihat orang dari kesuksesan nya, tetapi lihat dari proses yang dialaminya  
  • Tanya jawab - kelompok 10
  1. bagaimana dari Sofi untuk meyakinkan mereka (teman-teman Sofi) bahwa mereka bisa percaya diri?
jawab : 1. latar belakang bisa mempengaruhi, 2. jangan sampai kaget kalo banyak yg percaya diri karna banyak masukan yg membuatnya tidak percaya diri, solusinya yaitu bertemu lah dengan orang-orang yang percaya diri dan banyak bicara dengan orang yang percaya diri.
  • Tanya jawab - kelompok Andini
  1. memiliki percaya diri yg berlebihan apakah baik/tidak
jawab : bagusnya diingatkan tapi dengan cara baik, ingatkan bahwa tidak boleh sombong dan berlebihan, jangan kepedean jadi sombong itu yg pede tidak dibenarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *