Kurikulum Operasional SMK Negeri 3 Bandung
Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian Pemasaran

 

Program Keahlian Pemasaran siswa akan membekalai peserta didik berbagai keilmuan dan praktik pada ruang lingkup pengelolaan pemasaran bisnis, kewirausahaan, serta ketrampilan menjual produk dan layanan jasa. Di SMKN 3 Bandung, Program Keahlian pemasaran ini dibagi menjadi 2 konsentrasi keahlian yaitu Konsentrasi Keahlian Bisnis Retail yang berfokus pada keterampilan pemasaran secara konvensional, dan Konsentrasi Keahlian Pemasaran Online yang berfokus pada keterampilan pemasaran secara daring.

 

Kurikulum program keahlian Pemasaran mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Penyusunan kurikulum Pemasaran juga melibatkan industri. SMK Negeri 3 Bandung melibatkan PT Alfamart, PT Transmart, PT Yogya untuk Bandung dalam penyusunan kurikulum operasional konsentrasi Bisnis Retail dan Juga Cyberlabs, Sasana Digital untuk penyusunan kurikulum operasional konsentrasi Pemasaran Online. Jadi kurikulum yang dirancang merupakan hasil dari berbagai saran, masukan, dan identifikasi dari berbagai keterampilan yang dibutuhkan industri yang bergelut di bidang pemasaran, baik itu industry bisnis retail maupun industry di bidang jasa pemasaran online.

 

Tujuan Program Keahlian Pemasaran pada konsentrasi keahlian bisnis retail adalah membekali peserta didik karakter sikap dan moral etos kerja,  pengetahuan, keterampilan, dan teknologi dengan lingkup cakupan Dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran, Marketing, Perencanaan Bisnis, Komunikasi Bisnis, Pengemasan dan Pengiriman Produk, Customer Service, Pengelolaan Bisnis Ritel, Visual Merchandising, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Sedangkan pada konsentrasi keahlian Pemasaran Online adalah membekali peserta didik karakter sikap dan moral etos kerja,  pengetahuan, keterampilan, dan teknologi dengan lingkup cakupan Dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran, Marketing, Perencanaan Bisnis, Komunikasi Bisnis, Penataan Produk, Pengelolaan Bisnis Online, Administrasi Transaksi, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

 

Adapun struktur kurikulum program keahlian Pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
  • Program Keahlian : Pemasaran
  • Konsentrasi Keahlian : Bisnis Retail
 
No Mata Pelajaran Kelas Jumlah Jam
X XI XII
1 2
A Kelompok Umum
1 Pendidikan Agama & Budi Pekerti 108 (3) 162 - 270
2 Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan 72 (2) 108 - 180
3 Bahasa Indonesia 144 (4) 162 - 306
4 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ***) 108 (3) 72 - 180
5 Sejarah ***) 72 (2) 72 - 144
6 Seni 72 (2) - - - 72
  Jumlah A 576 (16) 432 (12) 144 (8) - 1152
B Kelompok Kejuruan
1 Matematika 144 (4) 162 - 306
2 Bahasa Inggris 72 (2) 162 - 234
3 Informatika 144 (4) - - - 144
4 Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial 216 (6) - - - 216
5 Kejuruan
1)    Dasar-dasar Pemasaran 216 (6) - - - 216
b.    Pengelolaan Bisnis Retail - 180 - 856
c.     Kasir 324
d.    Pramuniaga 342
6 Projek Kreatif dan Kewirausahaan - 270 - 270
7 Praktik Kerja Lapangan - - - 792 (44) 792
8 Mata Pelajaran Pilihan a. Bahasa Jepang *) b. Bahasa Jerman *) c. Bahasa Prancis *) c. Pengelolaan Bisnis Online **) d. Layanan Konsumen **) e. Pemasaran Digital**) -   72 (2)     144 (4) 144 (4)   144 (4)     36 (2) 36 (2)   36 (2)   72 (4) - 252
Jumlah B 792 (22) 1080 (30) 612 (34) 792 (44) 3276
C Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja 288 (8) 144 (4) 72 (4) - 504
D Muatan Lokal (Bahasa Sunda) 72 (2) 72 (2) 36 (2) - 180
Jumlah A + B + C + D 1728 (48) 1728 (48) 864 (48) 792 (44)
*) Pilihan wajib **) Dapat dipilih salah satu ***) Pada fase F diselesaikan di kelas XI

 

Untuk konsentrasi keahlian yang kedua yaitu konsentrasi keahlian Pemasaran Online struktur kurikulumnya adalah sebagai berikut:

  • Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
  • Program Keahlian : Pemasaran
  • Konsentrasi Keahlian : Pemasaran Online
 
No Mata Pelajaran Kelas Jumlah Jam
X XI XII
1 2
A Kelompok Umum
1 Pendidikan Agama & Budi Pekerti 108 (3) 162 - 270
2 Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan 72 (2) 108 - 180
3 Bahasa Indonesia 144 (4) 162 - 306
4 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ***) 108 (3) 72 - 180
5 Sejarah ***) 72 (2) 72 - 144
6 Seni 72 (2) - - - 72
  Jumlah A 576 (16) 432 (12) 144 (8) - 1152
B Kelompok Kejuruan
1 Matematika 144 (4) 162 - 306
2 Bahasa Inggris 72 (2) 162 - 234
3 Informatika 144 (4) - - - 144
4 Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial 216 (6) - - - 216
5 Kejuruan
1)    Dasar-dasar Pemasaran 216 (6) - - - 216
b.    Pengelolaan Bisnis Online - 180 - 856
c.     Pemasaran Digital 324
d.    Layanan Konsumen 342
6 Projek Kreatif dan Kewirausahaan - 270 - 270
7 Praktik Kerja Lapangan - - - 792 (44) 792
8 Mata Pelajaran Pilihan a. Bahasa Jepang *) b. Bahasa Jerman *) c. Bahasa Prancis *) c. Pengelolaan Bisnis Retail **) d. Pramuniaga **) e. Kasir**) -   72 (2)     144 (4) 144 (4)   144 (4)     36 (2) 36 (2)   36 (2)   72 (4) - 252
Jumlah B 792 (22) 1080 (30) 612 (34) 792 (44) 3276
C Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja 288 (8) 144 (4) 72 (4) - 504
D Muatan Lokal (Bahasa Sunda) 72 (2) 72 (2) 36 (2) - 180
Jumlah A + B + C + D 1728 (48) 1728 (48) 864 (48) 792 (44)
*) Pilihan wajib **) Dapat dipilih salah satu ***) Pada fase F diselesaikan di kelas XI