Profil SMK Negeri 3 Bandung
Visi SMKN 3 Bandung
Menjadi SMK Unggul Bermutu Dalam Membentuk Insan Berkarakter, Kompeten dan Kompetitif Berbasis IT, Digipreuneur, dan Berwawasan Lingkungan Hidup di Tahun 2023.
Misi SMKN 3 Bandung
- Menyediakan jaminan pelayanan pendidik dan tenaga kependidikan yang suportif dan profesional.
- Membentuk peserta didik yang berkarakter, cerdas, terampil, dan berdaya saing tinggi.
- Mempersiapkan tamatan yang siap untuk bekerja atau berwirausaha sesuai bidang keahliannya.
- Meningkatkan pemasaran dan keterserapan lulusan di dunia usaha dan dunia industri.
- Menciptakan suasana lingkungan belajar kondusif dalam mendorong motivasi belajar peserta didik.
- Meningkatkan keunggulan pendidikan yang efektif dan inovatif berbasis TIK
- Membudayakan nilai-nilai religius akhlak mulia dan pendidikan karakter bangsa.
- Mengembangkan kecakapan literasi dan kompetensi abad 21 dalam proses pembelajaran.
- Memberdayakan ekosistem pendidikan berbasis teknologi, digital, dan kewirausahaan.
- Mengembangkan kurikulum implementatif berbasis kompetensi sesuai dengan perkembangan industri.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan yang representatif.
- Meningkatkan dan memperluas jaringan kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri.
- Mengoptimalkan model pembelajaran teaching factory pada tiap kompetensi keahlian.
- Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, aman, ramah, dan nyaman bagi warga sekolah.
- Membangun infrastruktur sistem informasi manajemen dalam pengelolaan dan penyediaan informasi
Sejara SMKN 3 Bandung
Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 036 Mei 1997 tentang NOMENKLATUR Sekolah, maka terjadi perubahan nama dari SMEA Negeri (Pembina) 2 menjadi SMK Negeri 3 Bandung. Seiring dengan perubahan dan pergantian dari periode ke periode, telah terjadi pula pergantian nakhoda, seperti di bawah ini :
- 1. Lim Tjing Siang : dari tahun 1960 s.d tahun 1962
- 2. Drs. Husein Ardisasmita : dari tahun 1962 s.d tahun 1967
- 3. Drs. Achmad Matin : dari tahun 1967 s.d tahun 1974
- 4. Drs. Samsi Gandasasmita : dari tahun 1974 s.d tahun 1975
- 5. Drs. Sukardi Jayadipura : dari tahun 1975 s.d tahun 1978
- 6. Drs. H.Memed Basa : dari tahun 1978 s.d tahun 1984
- 7. Drs. Saleh Suradinata : dari tahun 1984 s.d tahun 1986
- 8. Dadan Kahpi Ardiwinata : dari tahun 1986 s.d tahun 1991
- 9. Drs. H.M. Yusuf Ahmad : dari tahun 1991 s.d tahun 1997
- 10. Drs. Oeng Rosliana : dari tahun 1997 s.d tahun 2000
- 11. Drs. H.RAD. Supardan, MM : dari tahun 2000 s.d tahun 2006
- 12. Drs. Nanang Yusuf Nurdin : dari tahun 2006 s.d tahun 2012
- 13. Dr. H. Iwa Wiswara Syamsu, M.M.Pd. : dari tahun 2012 s.d 2016
- 14. Dr. Euis Purnama, M.M.Pd. : dari tahun 2016 s.d tahun 2021
- 15. Dr. Hj. Anne Sukmawati Kurnia Dewi, M.M.Pd (Plt) Tahun 2021
- 16. Drs. Agung Indaryatno, M.Pd. : dari tahun 2021 - sekarang.
Kurikulum dan Model Pembelajaran
Target pencapaian pembelajaran bergeser dari menuntaskan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang diberikan dalam Kurikulum Bawaan menjadi lebih difokuskan untuk ke arah penguasaan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Budaya Kerja yang selaras dengan kebutuhan tuntutan dunia IDUKA yang terus bergerak dinamis serta mental kewirausahaan dan entrepreneurship
Jalinan Kemitraan dengan IDUKA
Kemitraan yang kuat antara sekolah dan IDUKA akan menjadi pembuka kesuksesan sekolah dalam membangun pengelolaan pembelajaran dual based, didukung pula dengan pemanfaatan fasilitas bersama maka proses layanan pendidikan di sekolah lebih efektif menciptakan lulusan SMK yang kompeten.
Harapan besar berikutnya adalah akan dapat membantu dan lebih mempermudah proses keterserapan lulusan bekerja di IDUKA mitra sekolah.
Sarana dan Prasarana Pembelajaran
Model Pembelajaran Berbasis Proyek diharapkan dapat menghadirkan ekosistem pembelajaran konkrit berbasis IDUKA ditunjang pula dengan penataan Ruang Praktik Sekolah yang dibangun akan benar-benar dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran siswa secara konkrit selayaknya bekerja di industri.
Penataan ruang praktik sekolah diciptakan secara terpadu dengan konsep co-working space yang dapat memadukan seluruh kompetensi keahlian dalam satu unit bisnis/alur pekerjaan berbasis proyek.
Peningkatan Kapasitas SDM
Peningkatan kapasitas SDM guru dilakukan melalui berbagai cara seperti webinar, workshop, magang, sertifikasi kompetensi teknis.
Why Choose SMKN 3 BANDUNG
Let The Number Speak
Gallery SMK Negeri 3 Bandung
- «
- 1
- 2
- 3
- 4
- 5
- 6
- 7
- 8
- »